LOMBOK TIMUR, stikeshamzar.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hamzar Lombok Timur, khususnya Program Studi DIII Kebidanan dan S1 Pendidikan Bidan mengadakan pelatihan Preseptorship dan Mentorship yang dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 1-3 Februari 2018 di Aula Kampus STIKes Hamzar Lombok Timur.

Peserta pelatihan Preseptorship dan Mentorshipmerupakan dosen DIII Kebidanan dan S1 STIKes Hamzar Lombok Timur, pelatihan ini diikuti pula olehPreceptor atau Clinical Instructure Rumah Sakit dan beberapa Puskesmas yang digunakan sebagai lahan praktik mahasiswa DIII Kebidanan dan S1 Pendidikan Bidan, diantaranya yaitu :Rumah Sakit Umum Provinsi NTB Rumah Sakit Umum Daerahdr. R. Soedjono Selong, Puskesmas Selong, Puskesmas Aikmel, Puskesmas Masbagik, Puskesmas Labuhan Lombok, Puskesmas Batuyang, dan beberapa BPM seLombok Timur. Puskesmas Nipah, Puskesmas Dasan Lekong dan beberapa BPM seLombok Timur.

Peserta lain yang hadir pada pelatihan preceptor dan mentor ini adalah ketua IBI Lombok Tengah Ni Wayan Mujungasih, SST dan Ketua IBI Lombok Timur Hj, Rokhaliyah, SST.

Pelatihan preceptorship dan mentorship ini bertujuan memberikan pemahaman yang mendasar serta persamaan persepsi kepada pembimbing akademik dan pembimbing klinik dalam proses pembelajaran profesi selama di wahana praktik mahasiswa.

Pemateri pelatihan preceptorship dan mentorship ini dihadrikan langsung dari organisasi kebidananan yaitu AIPKIND (Assosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia) yaitu Jehanara,S. ST M. Keb dan Ani Kusuma Astuti, S. ST, M.Keb.Dalam kesempatan kali ini peserta diberikan beberapa materi tentang Preceptorship dan Mentorship diantaranya adalah pembelajaran klinik pada pendidikan kebidanan, pembelajaran orag dewasa, aspek legal dalam bimbingan klinik, model dan metode pembelajaran klinik, pendekatan metode preseptorship dan mentorship dalam bimbingan klinik, serta melakukan simulasi praktik bimbingan klinik.

Para peserta mengikuti pelatihan ini dengan semangat dan antusiasme yang tinggi.Drs. H. Muhammad Nagib, M.Kes selaku ketua STIKes Hamzar berharap peserta pelatihan preceptorship dan mentorship ini dapat memberikan pendidikan kepada para pembimbing, baik pembimbing akademik maupun klinik, Sehingga diskusi antara(pembimbing) preceptor dan (mahasiswa) preceptee lebih kondusif yang nantinya dapat meningkatkan pendidikan dan praktik kebidanan.

HARI PERTAMA

HARI KEDUA

HARI KETIGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *