LOMBOK TIMUR, stikeshamzar.ac.id — Sabtu (1/2/2020), dosen dan mahasiswa Ners STIKes Hamzar melakukan Pengabdian Masyarakat Tindakan Mandiri Keperawatan Bekam dan Penyinaran Infra Merah kepada masyarakat Omba, Mamben Daya, Wanasaba, Lombok Timur.

Hariawan Junardi M.Kep selaku dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini mengatakan bahwa secara umum program ini dirancang untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat, tambahnya, merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun alasan bekam diangkat pada pengmas ini, kata Hariawan, karena bekam termasuk  dalam tindakan mandiri keperawatan dan terapi komplementer yang ada dan menjadi salah satu pilihan pengobatan di tengah masyarakat. Terapi komplementer dapat dilakukan oleh seorang perawat. Hal ini dapat menjadi peluang bagi perawat untuk berperan memberikan terapi komplementer dan melakukann tindakan mandiri keperawatan.

Selain itu, secara bersamaan mereka juga melakukan Pengabadian Masyarakat Pemeriksaan Kesehatan Lansia Oleh Dosen dan Mahasiswa Ners Reguler Angkatan Ke-V bekerjasama dengan Puskesmas Wanasaba.

Hariawan berharap semoga dengan terlaksananya pengabdian masyarakat ini dapat membantu masyarakat dalam berbagai aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. “Maju terus perawat Indonesia!” tutupnya penuh semangat. (Ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *