Sejarah Singkat

Home / Sejarah Singkat

Yayasan Maraqitta’limat adalah salah satu organisasi Islam di Lombok yang  berpusat di Desa Mamben Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Sebagai  organisasi keagamaan Islam, Maraqitta’limat memiliki kegiatan utama dalam bidang pendidikan, sosial, dan dakwah islamiyah.

Pondok Pesantren Yayasan Maraqitta’limat didirikan pada tanggal 1 Januari 1952 oleh TGH. M. Zainuddin Arsyad. TGH. M. Zainuddin Arsyad merupakan salah seorang ulama kharismatik di Pulau Lombok yang ikut andil dalam memberantas kebodohan di Nusa Tenggara Barat. Berbeda dengan pesantren yang lain, Maraqitta’limat memiliki beberapa buah cabang di seluruh wilayah Pulau Lombok. TGH. M. Zainuddin Arsyad meninggal pada tanggal 4 Februari 1991 dan dimakamkan di Pekuburan Umum Mamben Lauk. Hingga saat ini Ponpes Maraqitta’limat yang berpusat di Desa Mamben Lauq Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur ini dipimpin oleh putra beliau yang ketiga yakni TGH. Hazmi Hamzar. Di tengah kepemimpinan beliau, Maraqitta’limat berkembang pesat hingga saat ini.

Sejalan dengan perkembangan IPTEK dan timbulnya permasalahan kesehatan yang ada di Lombok Timur khususnya dan Provinsi NTB pada umumnya, maka Yayasan Maraqitta’limat telah berkomitmen mendirikan SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) HAMZAR pada tanggal 10 Nopember 2006, dengan melalui proses pengurusan izin dari tingkat daerah sampai dengan pusat yang dibuktikan dengan dikeluarkannya izin operasional oleh Menteri Pendidian Nasional melalui Dirjen DIKTI  No. 36/D/O/2009, tertanggal 7 April 2009 dengan  membuka 2 (dua) Program Studi yaitu : Program Studi S1 Keperawatan (Terakreditasi No. 025/BAN-PT/AKXV/S1/VIII/2012) dan Program Studi D III Kebidanan (Terakreditasi No. 008/SK/BAN-PT/AK-XII/Dpl-III/I/1013). Pada tahun 2014 STIKES Hamzar membuka prodi baru yaitu Profesi Ners dengan ijin Kemendikbud No. 095/P/2014. Seiring waktu berjalan dan tuntutan pendidikan yang semakin tinggi, Yayasan Maraqitta’limat melalui STIKES Hamzar pada tahun 2015 membuka 2 (dua) prodi baru  yaitu S1 Pendidikan Bidan dan Profesi Bidan dengan ijin Kemenristek No. 193/KPT/I/2015. STIKES Hamzar adalah perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggaraann prodi S1 Pendidikan Bidan dan Profesi Bidan.

 

Facebook
Instagram